Setelah sebelumnya kita membahas mengenai “Cara Membuat Sosial Media Plan Bekerja 100% (Part 1)” kali ini kita akan melanjutkan dengan “Cara Membuat Sosial Media Plan Bekerja 100% (Part 2)”. Kita mulai dari Twitter menemukan waktu terbaik pada twitter.

Cara Menemukan Waktu Terbaik untuk Posting di Twitter

Tweriod adalah tool gratis yang menganilisis pengikut twitter anda, sehingga dapat menentukan kapan mereka paling sering aktif (online). Dibutuhkan data langsung dari follower anda untuk memberi gambaran tentang waktu ideal untuk promosi.

Cara Menemukan Frekuensi Posting Terbaik Anda Di Twitter

Masuk ke Twitter dan temukan tab Analytics. Bandingkan jumlah tweets dengan jumlah tayangan yang Anda lihat setiap hari. Catat apa tampilan terbaiknya. Lalu, sesuaikan dengan gerak maju.

Bangun Media Sosial Anda

Pada dasarnya ada du acara untuk membuat kalender media sosial. Salah satunya adalah dengan spreadsheet dari google atau menggunakan aplikasi khusus. Keduanya dapat dimaksimalkan guna mencapai tujuan berikut :

  • Hemat waktu dengan merencanakan semuanya terlebih daulu.
  • Membuat aliran konten yang konsisten di akun media sosial.
  • Memastikan pesan media sosial tepat waktunya sepanjang hari
  • Membuat pembuatan dan pengelolaan media sosial lebih kolaboratif

Jika Anda belum pernah menggunakan kalender konten sebelumnya, anggap Anda akan membuatnya memakai spreadsheet. Agar proses ini lebih mudah, kami telah membuat template kalender konten gratis di Google Spreadsheet. Jangan ragu untuk membuat salinannya.

Anda mungkin perlu menambahkan atau menghapus saluran agar sesuai dengan tujuan Anda. Mungkin juga perlu menambahkan atau menghapus baris tergantung pada jumlah posting yang akan Anda buat di setiap saluran.

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tambahkan konten anda di setiap sel, setiap hari, untuk setiap saluran. Pastikan mengikuti jadwal posting yang Anda tentukan di langkah sebelumnya.
  • Anda bisa menambahkan link copy, gambar, dan video aktual yang akan Anda gunakan, atau cukup mencatat saat-saat yang akan Anda posting.
  • Campurkan berbagai jenis konten yang Anda poskan.
  • Hindari mengirim ulang konten yang sama terlalu sering. Dengan kalender ini anda akan mudah menghidari hal tersebut.

Menggunakan aplikasi kalender dapat menambahkan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah media sosial otomatisasi, buil-in manajemen proyek. Pasti ada beberapa hari atau tanggal dalam setahun yang penting atau paling tidak berhubungan dengan merek anda. Hal ini termasuk hari besar, libur nasional, acara tahunan atau tanggal peluncuran produk/fitur.

Hindari untuk tidak membuat konten dadakan, misalnya jika hari ini aka nada suatu even dan anda membuat konten hari ini juga. Solusinya? Gunakan google kalender. Google Kalender.

Langkah 1: Identifikasi tanggal penting terlebih dahulu (promosi liburan, pengumuman mendatang yang Anda sadari, dll.)

Langkah 2: Buat sebuah acara di Google Kalender untuk setiap tanggal. Tetapkan pengingat email untuk setiap orang agar mendapatkan notifikasi pengingat nda dua minggu sebelumnya.

Langkah 3: Salin tautan ke setiap acara kalender.

Langkah 4: Gunakan pemendek URL untuk memotong URL hingga ukuran yang dapat diatur.

Langkah 5: Tempelkan URL ke kalender Anda. Kiat ini juga berfungsi untuk hal lain yang cenderung Anda lupakan.

Cara agar saluran media sosial terkoordinasi dengan baik, hampir tidak mungkin dilakukan tanpa kalender.
Berikut adalah cara menggunakannya untuk merencanakan konten Anda di seluruh saluran.

Langkah 1: Buat konten kampanye Anda. Termasuk menulis posting dan mengumpulkan gambar dan video untuk setiap posting.

Langkah 2: Tempelkan aset dari setiap posting ke dalam kalender Anda. Mungkin paling mudah menyertakan tautan Google Drive ke foto dan video.

Langkah 3: Tempatkan setiap pos secara logis ke seluruh kalender Anda, menerapkan konsep yang telah kami bahas sebelumnya di pos ini.

Langkah 4: Rancang beberapa jenis skema pengkodean warna. Anda dapat memilih warna untuk memisahkan berbagai kampanye dan konten yang dikuratori. Atau, Anda bisa menggunakan kode warna untuk mencatat entri teks, posting video, dan posting gambar.

Berikut adalah contoh dari tampilan kalender Anda saat selesai.

Dengan membuat konten lebih dulu, Anda dapat dengan mudah memesan pesan serupa di seluruh saluran. untuk menghindari redundansi. Menetapkan Metrik yang akan anda pantau, Rencana bukanlah apa-apa tanpa tujuan.

Tujuan adalah bukan apa-apa tanpa data untuk mengukur keberhasilan. Mengetahui metrik yang dipantau adalah kunci untuk mengetahui seberapa baik yang Anda lakukan.

Pengukuran efektif juga penting untuk memberi gambaran media sosial kepada bos atau CEO perusahaan Anda. Jika seseorang bertanya bagaimana Anda membantu mendorong pendapatan, Anda perlu memberikan jawaban yang bagus. Jika tidak, mungkin anda akan mendapati rencana media sosial anda dibuang begitu saja.

6 Cara meningkatkan Follower Media Sosial.

  1. Bagikan konten yang berharga dan berikan sumber terpercaya untuk informasi yang berkualitas.
  2. Tempatkan diri anda diluar dan bergabung dengan komunitas diskusi di media sosial.
  3. Tambahkan tombol follow sosial media atau widget untuk sosial media di Web/blog anda.
  4. Tetap Konsisten. Akun sosial media yang stagnan akan membuat calon follower berpaling.
  5. Mulailah dari sebuah kelompok di LinkedIn. Hubspot memiliki panduan yang baik tentang bagaimana membangun sebuah komunitas yang efektif.
  6. Membangun produk hebat atau menawarkan layanan yang menarik.

Media sosial tidak akan mengkompensasi produk yang lemah. Analisa lalu lintas rujukan, Sebelum mendorong konversi anda perlu mengarahkan lalu lintas kembali ke situs anda. Cara mengukur arahan lalu lintas adalah dengan Google Analytics.

Masuk ke akun analytics anda lalu klik Acquisition > Social > Networ Refferals. Konversi dari media sosial belum tentu mudah, seperti yang kami katakana sebelumnya, hal ini bukan alasan untuk gagal.

Bagaimana Mengarahkan Konversi dari Media Sosial:

  • Jalankan goal menggunakan halaman arahan khusus untuk menangkap entri.
  • Buat kampanye media sosial yang mengarahkan pemirsa ke langkah konversi Anda.
  • Leadpages memiliki postingan bagus tentang cara melakukannya dengan baik. Buat salinan media sosial yang menggoda keuntungan untuk mengklik link Anda (tanpa terlalu banyak menjualnya).
  • Konten organik anda seharusnya tidak terdengar seperti iklan. Alih-alih menyertakan CTA bergaya iklan keras di pos Anda, cobalah membuat salinan yang secara alami menarik klik tersebut. Berikut adalah contoh yang solid. Gunakan tombol foto ajakan bertindak di Facebook dan melanjutkan iklan dan promosikan posting.

Bagaimana cara melacak Konversi dari Media Sosial:

  • Lihat tangkapan layar Google Analytics di atas? Klik ke Konversi (dua titik di bawah Network Referrals).
  • Keterlibatan Media sosial menawarkan kesempatan setiap hari untuk menjalin hubungan dengan audiens Anda. Nilai moneter langsung dari semua jenis, komentar, dan saham terkadang sulit untuk diukur. Tapi mereka menunjukkan sentimen positif terhadap perusahaan Anda dan bekerja untuk memperkuat brand Anda.

Kesimpulannya, Apakah Anda siap untuk bermain di media sosial? Semoga tips yang kami sajikan dalam posting ini akan membantu Anda membuat rencana media sosial yang sesuai untuk Anda!

Mengerti dan terampil dalam menghasilkan sebuah strategi yang tepat untuk bisnis Anda. Ingat, kesuksesan media sosial tidak akan terjadi dalam semalam. Tapi keuntungan jangka panjang untuk bisnis Anda tak ternilai harganya dan layak menghabiskan waktu!

Mulailah dan selesaikan Rencana Media sosial anda… Goodluck!

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: