Sesukses apapun bisnis yang sudah ada di dunia ini pasti pernah melalui perjuangan manjang dalam mencapainya. Dan semua berawal dari langkah kecil, seperti seorang Larry page, maupun founder facebook Mark Zuckerbeg yang saat ini telah sukses dengan bisnis raksasa mereka masing-masing. Orang-orang hebat itu memulai karir hanya dari hal-hal yang tak terpikirkan, seperti larry page dengan sepetak garasi dirumahnya. Atau Mark yang memulai facebook hanya untuk komunitas kampusnya.

Semua pengusaha sukses memulai bisnisnya dari sesuatu yang sepele, jadi jika bisnis yang anda rintis masih tergolong kecil jangan minder dengan yang sudah sukses di sekitar anda.

Agar dapat mengimbangi persaingan dan terlihat meyakinkan di depan calon klien, anda dapat membuat seolah bisnis kecil anda tampak seperti perusahaan besar yang dikelolah dengan professional. Bagaimana caranya?

Anda perlu melakukan 7 hal ini agar Bisnis kecil yang baru dimulai terlihat besar di depan klient

#1. Nama dan Logo

Setelah menetapkan nama yang cocok, kemudian mulailah membuat Logo untuk identitas bisnis anda. Meski desain Logo umumnya berukuran kecil tapi fungsinya tidak main-main. Karena dengan logo ini calon pelanggan akan mengingat bisnis anda. Untuk itu, buatlah logo yang menggambarkan bisnis anda, yang simple dan mudah diingat. Logo ini nantinya bisa dipasang di Website anda, kartu nama, ataupun media promosi lainnya. Jika anda tidak memiliki kemampuan desain, Jasa pembuatan logo juga terjangkau, jadi tidak perlu khawatir.

#2. Membuat Website

Tidak cukup dengan promosi di Media sosial, anda perlu membangun sebuah website yang professional sebagai Portofolio perusahaan ataupun online store. Buatlah website yang futuristik dan menarik para pengunjung. Selain itu membuat website akan menambah image positif di depan klien anda. Jika website anda menarik, tentunya akan meningkatkan daya saing bisnis.

#3. Gunakan Email Bisnis

Berkaitan dengan poin ke dua, selain membuat website anda perlu membuat email bisnis. Jangan gunakan email free seperti @google.com atau @yahoo.com. Lebih baik gunakan email resmi @namabisnisanda.com. Dengan demikian bisnis anda akan terlihat lebih terpercaya dan meyakinkan saat berkirim surel dengan calon klient anda.

#4. Jadilah Narasumber

Menjadi Narasumber akan memberikan anda kesempatan memperkenalkan bisnis ke media massa baik cetak maupun elektronik. Sehingga memungkinkan untuk menaikan popularitas bisnis anda di kalangan masyarakat luas. Selain itu bisa menjadi promosi gratis untuk bisnis kecil anda. Maka dari itu sebaiknya jangan menolak saat diminta menjadi seorang narasumber.

#5. Tingkatkan Reseller

Jika anda berbisnis online, sebaiknya mulailah meningkatkan reseller. Karena dengan semakin banyak reseller akan semakin besar pula trust pada produk bisnis anda. Hal ini juga menjadi promosi gratis untuk bisnis anda. Jangan terlalu memikirkan untung besar di awal, sebaiknya keuntungan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan reseller anda sehingga makin banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan bisnis anda.

#6. Tingkatkan Testimonial

Berikan fitur testimony atau kesan, biasanya seseorang akan melihat testimony terlebih dahulu sebelum memutuskan bertransaksi. Semakin banyak testimony positif, maka semakin besar peluang bisnis akan terjadi.

#7. Maksimalkan Modal

Memaksimalkan modal maksudnya adalah jangan pelit dalam bisnis. Misalnya bisnis anda adalah online shop. Maka maksimalkan di bagian packaging, jangan gunakan kertas bekas agar bisnis anda tidak terlihat murahan, alokasikan modal untuk membuat packaging yang rapi dan menjadi identitas bisnis anda dengan logo dan nama bisnis anda. Tentunya konsumen akan merasa produk yang diterima bukan abal-abal dan mereka akan kembali bertransaksi dengan anda kedepannya.

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Bisnis Anda Butuh Mobile Apps

Itu dia 7 hal yang perlu anda lakukan agar bisnis kecil terlihat besar di depan klient. Semoga dapat menginspirasi bisni anda. Satu point penting lainnya adalah “TRUST” kejar hal itu dan jagalah.

One comment

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: